Translate

Jumat, 25 Februari 2011

Kawan Lamaku (cerpen)

Seperti biasa, tiap lebaran Della selalu pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga. Biasanya seminggu sebelum hari H. Alasannya simple aja, Cuma untuk menghindari padatnya arus mudik di hari H.
Kali ini Della pulang kampung dengan naik kereta dan hanya berbekal sedikit tabungan. Setelah menempuh perjalanan selama 12 jam, Della tiba di tempat tujuan. Begitu sampai Della langsung mencari taksi untuk mengantarkannya sampai rumah. Tapi begitu Della akan keluar dari stasiun, Della baru sadar tasnya sobek. Agaknya sebuah benda tajam telah merobek tas bagian bawah, tepat dimana Della menyimpan dompet dan hpnya. Della langsung menangis, tapi dia tidak bisa berbuat apa-apa. Dia hanya bisa pasrah. Karena Della tidak punya uang lagi, dia terpaksa meminjam hp orang untuk menelpon kakaknya.
Setelah Della sampai di rumah, Della langsung bercerita perihal dompet dan hpnya yang hilang di ambil copet. Keluarga Della pun hanya bisa memberi semangat agar Della tetap tabah. Della pun mencoba untuk menerimanya.
Di hari lebaran ke tiga, Della kedatangan tamu seorang laki-laki. Awalnya Della tidak mengenal laki-laki itu, tetapi setelah laki-laki itu memperkenalkan diri Della baru ingat kalau laki-laki itu Cahya, teman semasa smpnya dulu. Begitu masuk ke dalam rumah, Cahya langsung menjabat tangan Della dan mengucap beribu kata maaf. Awalnya Della risih dengan sifat Cahya barusan. Tapi setelah Cahya bercerita Della paham kenapa Cahya tadi seperti itu. Rupanya yang mencopet dompet dan hpnya adalah Cahya. Cahya baru menyadari kalau Della yang jadi korban kejahatannya setelah melihat data pribadi Della. Cahya mengaku dia mencopet untuk membelikan baju baru adiknya.
Singkat cerita. Cahya mengembalikan dompet dan hp Della yang di copetnya kemarin dengan utuh. Nggak ada yang hilang sama sekali. Rasanya Della nggak sampai hati melihat penyesalan Cahya yang teramat dalam. Akhirnya Della pun memaafkan Cahya dan Della berpesan agar Cahya meninggalkan pekerjaannya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar